Rusmilawati's Blog

Everyday is so precious

INDAHNYA HATI JIKA BERBAGI

on August 28, 2010

Kawan…..pernahkah kau tau bahwa adanya kita di dunia ini apapun hakikatnya tiada pernah sia-sia. Allah tidak pernah menciptakan makhlukNya tanpa guna. Kita semua berguna..kita semua penting, so hanya sekedar mengingatkan diriku, dan dirimu yang baca tulisan ini : jangan pernah kita merasa kalau diri kita lebih penting dari lainnya…dan jangan pernah kita menganggap diri orang lain lebih penting dari kita. WE ALL are THE SAME!!! Sama-sama penting……dan sama-sama berguna. STOP THINGKING WHAT WE ARE….but PLEASE THINGKING ABOUT WHAT WE CAN DO FOR OTHERS. Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan ORANG LAIN….Manfaat di sini means KEBAIKAN…(jangan diplesetin yang gak-gak yaa…)

Mmmm  Talking about ‘ Memberi Manfaat’…..sama artinya dengan BERBAGI. Berbagi di sini pondasinya adalah KEIKHLASAN….Keikhlasan means NO PAMRIH, NO THINGKING ANYTHING ELSE, EXCEPT RIDHO ALLAH MERELY. DO WITH YOUR HEART. Jika tangan kanan kita memberi, maka tangan kiri gak boleh tau yaa hehehe alias SSSSTTTTTT, alias jangan di PUBLISH KE KHALAYAK RAME…

Kita tidak punya apa-apa untuk dibagi????!!! NO WAY…DON”T MENTION THAT WORDS. It’s such Totally Jerk!!!. Come on Guys, berbagi itu tidak harus selalu money (singkirkan jauh-jauh pandangan “Money Talk, or Money Can Do Everything”). Memang benar, kalau kita berkecukupan maka kita harus zakatkan atau shodaqohkan harta kita buat orang lain yang tidak mampu…ada hak orang lain dari penghasilan yang kita miliki. Bersihkan harta dengan membelanjakannya di jalan yang dicintai dan diridhoi Allah. Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii………………….

Jika kita belum bisa berbagi harta,……..??? tenangg, masih banyak yang bisa kita bagi untuk orang lain. Contoh yang sangat sederhana,  pertama SENYUM. Pernah dengar SMILE CAN MELT EVERYTHING. Jadi, tersenyumlah!!! Hadapi Hari-Hari Kita dengan Senyum…Berikan senyum terindah kita buat orang lain, hingga orang lain merasa damai dengan kehadiran kita.

Yang kedua TENAGA. Sering-seringlah menyumbangkan tenaga kita untuk membantu orang lain. Singsingkanlah lengan kita untuk menolong orang lain, semisal membantu mengangkat belanjaan, menolong anak-anak atau para lansia untuk menyeberang, membantu pembantu yang ada di rumah dalam menyelesaikan pekerjaannya…DON”T ACT LIKE A BIG BOSS!!!.

Ketiga, PIKIRAN, IDE,…atau kerennya ILMU… Semua orang itu smart di bidangnya. Kita akan lebih smart kalau kita tidak pelit membagi ilmu dan keahlian yang kita miliki pada orang lain…dengan berbagi ilmu sebenarnya kita sedang memantapkan ilmu yang kita miliki, plus bonusnya kita bakal dapat ilmu dari orang lain. Dengan Share, sapa tau orang lain punya ide-ide segar untuk pengembangan keilmuan kita. Ilmu itu kan laksana Samudera….Laksana Mentari…tidak akan habis meski semua orang memperoleh ilmu yang kita miliki. Memberi ilmu, sama halnya kita menanam bunga melati. Keindahan dan keharumannya tidak hanya untuk kita sendiri, tapi akan menyebar pada orang lain yang memetiknya. Memberi ilmu itu laksana menanam padi…karena dengan menanam padi maka rumput akan tumbuh…ada bonusnya gitu, so DON”T EVER THINK THAT U WILL LOSE EVERYTHING WHEN YOU SHARE SOMETHING U HAVE!!!

Keempat NASEHAT untuk KEBAIKAN. Semua orang itu butuh nasehat. BOHONG jika kita berpikir kita adalah orang yang paling bijak, orang yang paling anti stress, dan orang yang selalu comfort dengan masalah. Sempurnanya kita karena kelebihan dan kelemahan kita. Ada kalanya kita berada dalan kondisi lemahnya kita, sehingga kita membutuhkan sokongan orang lain. Adakalanya kita berada pada pintu khilafnya kita, sehingga kita butuh orang lain yang mengingatkan kita. Mengingatkan orang lain sangat mudah, tapi mengingatkan diri sendiri terlampau sulit. NoBODY’S PERFECT IN THE WORLD. Bukankah Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an nan suci bahwa kita harus saling mengingatkan, nasehat-menasehati dalam kebaikan. Jadi, lapangkan diri kita menerima nasehat, dan memberi nasehat.

Kelima CINTA, KASIH SAYANG DAN PERHATIAN. LOVE CAN PEACE YOUR WORLD……and LOVE CAN DESTROY YOUR WORLD TOO. Saya berterima kasih pada seseorang yang telah mengirimkan comment sebuah Hadist dari perawi Bukhari, yang menyebutkan:”Jika kau mencintai seseorang maka cintailah sekedarnya, karena kita tidak pernah tau kapan cinta itu akan hilang pada dirimu. Dan, jika kita membenci seseorang maka bencilah sekedarnya, karena kita tidak pernah tau kapan kita akan mencintainya kembali”. THAT”S RIGHT!!! Tempatkan cinta pada tempat yang proporsional… pernah dengarkan kegilaan cinta Napoleon Bonaparte, dan Julius Caesar hingga kehancuran menimpanya. Itulah kekuatan cinta yang tidak terkontrol. DON’T EVER LET LOVE CONTROL YOU, HOWEVER WE MUST CONTROL LOVE. Manusia mudah bangkit karena cinta, demikianpun mudah hancur karena cinta. So, Set it Proportionally.

Anyway, berbagi cinta, kasih sayang dan perhatian pada orang lain teramat mudah. Cinta di sini, gak hanya antara pria dan wanita privately., however cinta yang luas maknanya. Cinta pada orang tua, keluarga, anak, saudara, teman, tetangga, murid/mahasiswa, even pada our Honey Bunny hehehe.

Jika kita berbagi cinta, kasih sayang, dan perhatian pada orang lain, kita sebenarnya membentuk aura positif pada orang lain untuk menjadi lebih baik, dan untuk lebih menghargai diri sendiri dan orang lain.

Keenam WAKTU. 24 jam waktu yang kita punyai jangan hanya untuk diri sendiri. itu terlalu EGOIS. Sempatkanlah waktu yang kita punyai untuk mendengarkan orang lain, membantu orang lain, dan bersosialisasi dengan orang lain. Jadi jangan hanya buat tidur mulu..atau makan mulu…….atau belanja……….kencan mulu……

Ketujuh…DOA…it is last but not least. It’s VERY IMPORTANT. Doa adalah Energi quantum dalam hidup kita. Doa adalah final action yang melengkapi setiap ikhtiar kita, doa adalah bentuk totalitas pengakuan dan penyerahan diri kita pada sang Kholik..ALLAH SWT.   Berdoa untuk diri sendiri sangatlah terpuji, namun dilengkapi dengan mendoakan orang lain menjadikan diri kita lebih terpuji…Lafadkanlah doa-doa terbaikmu untuk dirimu, ORANG TUAMU, keluargamu, dan orang lain..muslimin dan muslimat, karena seagung-agungnya manusia adalah mereka yang meluangkan waktunya mendoakan kebaikan untuk orang lain di tiap sujud dan tetes air matanya.

Kedelapan……..DLL. Masih banyak lagi yang bisa kita bagi. Ekstremnya, Apa yang ALLAH ciptakan yang ada pada diri kita, semuanya bisa dibagi. SALUT BANGET bagi orang yang rela menyumbangkan apa yang ada pada dirinya untuk orang lain, di tengah keterbatasan dan kesulitan hidup yang dimilikinya.

Akhir kata guys, KITA SEMUA BISA BERBAGI. Berbagi dengan tulus dan ikhlas, menjadikan HATI kita lebih INDAH. Dengan HATI yang INDAH, maka HIDUP KITA jadi Lebih INDAH…..SO, dah siap untuk BERBAGI???!!!!….DO IT NOW, START FROM SMALL.

THANKS TO ALLAH dan Terima kasih kusampaikan pada orang-orang yang telah berbagi cinta, kasih sayang, kepercayaan, dukungan, waktu, and everything pada diriku, sehingga menjadikanku lebih baik. Those are My lovely Parents, My Brother sisters, My Lovely Nephew Afnien kecil, My BestFriend, and My Students pokoknya thanks for all. (-wien-)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: