Rusmilawati's Blog

Everyday is so precious

KEJUJURAN DAN KEPERCAYAAN

on January 25, 2010

Honesty is such a lonely word. Everyone is so untrue

Honesty is hardly ever heard, but mostly what I need from You

Setiap orang tidak menginginkan kebohongan, tapi terkadang Manusia sulit menerima sebuah kejujuran.

Dalam jalinan hubungan apapun, kejujuran dan kepercayaan menurutku merupakan satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan.Sebuah kejujuran dapat menimbulkan kepercayaan, dan kepercayaan biasanya lahir dari sebuah kejujuran. Sudah menjadi prinsipku sejak lama bahwa aku sangat membenci ketidakjujuran, rekayasa, dan apapun yang berbau intrik kebohongan. Menurutku manusia seharusnya tidak memiliki banyak muka, tidak bermulut dua (padahal Tuhan menganugerahkan kita mulut hanya 1). Mulut kita adalah Harimau ataupun Naga kita, jika layang-layang agar terkendali dan tidak terbawa angin harus kita pegang kuat-kuat talinya, demikian juga manusia dipegang karena lidahnya (mulutnya). Dusta jika telah terucap akan meninggalkan jejak-jejak dusta lainnya. Dusta yang terjalin akan lebih tajam dari sebilah pedang, dan seumur hidup akan sulit dipercaya.

Bukannya aku ingin menjadi orang yang sok suci dalam kehidupan yang penuh gemerlap kebohongan. Dan, bukannya aku tidak pernah sekalipun tidak pernah berbohong dalam hidupku. Namun dalam hal ini, aku berusaha mati-matian untuk jujur, dan meminimalisasinya meskipun itu kebohongan dengan tujuan baik, atau yang biasa disebut oleh kita sebagai white lie. Sampai kapanpun hingga dunia fana ini berhenti berputar, dunia masih membutuhkan manusia jujur, manusia yang antara sikap tindaknya serta ucapannya dapat diukur linieritasnya. Kejujuran menunjukkan sikap ksatria dari kita sebagai manusia yang tidak lepas dari khilaf. Kejujuran adalah bentuk penghargaan tertinggi pada integritas kita sebagai sebuah pribadi yang matang, dan harkat dan martabat manusia. Dengan jujur, kita tidak menyibukkan diri dan pikiran kita, hanya untuk menjalin dan membuat kebohongan-kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang lalu. Lebih daripada itu, Kejujuran mengantarkan kita pada sebuah kepercayaan orang lain. Kejujuran menunjukkan integritas kita untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.

Menjadi orang yang dipercaya itu sulit, namun menjaga kepercayaan lebih sulit lagi. When you really trust someone, you have to be okay with not understanding somethings (-real live Preacher-)

Kepercayaan atau trust merupakan inti dari sebuah hubungan manusia. Kepercayaan akan membuka segala pintu kebaikan untuk kita. Tanpa adanya kepercayaa satu dengan yang lainnya maka setiap hubungan akan menjadi sangat rentan. Kepercayaan akan menjadi fragile jika tidak dijaga dengan berlandaskan kejujuran. Sekalinya kita tidak jujur, maka akan menyebabkan hilang kepercayaan dari orang terdekat kita. Kepercayaan bukan lahir dari ucapan, kita tidak bisa meyakinkan orang lain untuk mempercayai kita tanpa disertai dengan tindakan atau sikap kita yang menunjukkan bahwa kita pantas untuk dipercaya. Setiap ketidakjujuran kita lakukan, sedikit demi sedikit akan mengurangi rekening kepercayaan orang lain terhadap kita. Kepercayaan orang lain yang dibangun di atas ketidakjujuran, lambatlaun  akan menjadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak dan membinasakan semua yang telah kita rintis. Jadi, untuk mendapatkan kepercayaan, latihlah diri kita terlebih dahulu menjadi menjadi orang jujur. Kejujuran adalah integritas, kejujuran adalah modal kita untuk datangnya kepercayaan orang lain. dan, selanjutnya lihatlah apa yang terjadi seluruh kebaikan akan menyertai kita.

-Rusmila-


2 responses to “KEJUJURAN DAN KEPERCAYAAN

  1. trisna says:

    i love your blog win, keep writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: