Rusmilawati's Blog

Everyday is so precious

Baiti Jannati…Home Sweet Home

on January 25, 2010

Rumahku adalah surgaku, Rumahku adalah istanaku. Pepatah yang sudah tidak asing bagi kita guna menggambarkan begitu pentingnya makna rumah. Kemudian apakah yang terpikir di benak kita tentang rumah?. Sebuah hunian indah, yang dibangun oleh arsitek dengan segala keindahan desain interior dan eksterior artistik, dilengkapi dengan perabotan deluxe yang serba wah. Rumah-rumah indah yang selalu menghiasi layar kaca televisi pada program rumah idaman, atau rumah-rumah yang selalu kita jumpai setiap kita melewati kompleks perumahan elit. Apakah rumah-rumah semacam itu yang dimaksud dalam pepatah di atas???..

Memiliki rumah indah adalah idaman semua orang. Keinginan semacam itu bukan sesuatu yang aneh tapi merupakan hal yang wajar sekali.Namun, segala keindahan rumah tersebut tidak akan ada artinya jika hanya dijadikan sebagai simbol dan media untuk mengangkat prestisi kita. Rumah secara fungsi bukan sekedar tempat berteduh yang indah secara fisik, rumah merupakan tempat berteduh untuk jiwa kita. Oleh karena itu, rumah seyogyanya dihiasi dengan dengan desain batin dan dilengkapi dengan perabotan rasa yang dapat menjadikan rumah kita adalah surga bagi kita. Apalah artinya rumah indah, jika jarang ditempati. Apalah rumah indah jika tidak membuat nyaman bagi yang menempatinya. Apalah arti rumah indah jika hanya dihiasi pertengkaran, dan cacian. Jika demikian, yang ada rumah kita adalah neraka bagi kita.

Jika belum mampu membuat rumah indah secara materi,bukan berarti kita tidak bisa menjadikan rumah kita sebagai surga kan?. Yang terpenting dari sebuah hunian ideal adalah kita menyatu secara jiwa dengan rumah kita. Rumah sederhana pun akan menjadi indah jika penuh dengan cinta, hangatnya kasih sayang dan saling pengertian antar seluruh penghuni rumahnya. Rumah akan menjadi indah jika dipenuhi dengan senyum, nilai-nilai kebajikan dan kebaikan di dalamnya, diperdengarkan ayat-ayat suci Tuhan. Dengan demikian, rumah kita penuh dengan aura positif menuju kearah kebahagiaan.  Jika seperti itu, Rumah adalah tempat yang selalu kita rindukan dimanapun kita berada.(rusmila).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: